About Journey to way kambas

Pentingnya kurikulum konservasi di dunia pendidikan

Seperti  janji saya kemarin untuk membahas tentang penerapan kurikulum berbasis konservasi di sekolah sekolah. yang saya muat dalam halaman Apresiasi musik terhadap dunia konservasi.
kurikulum konservasi
 Saya melihat hal ini efek nya akan sangat terasa untuk jangka panjang, terlebih ketika murid murid di sekolah sudah beranjak dewasa, mereka sudah tertanam jiwa konservasi, dan dengan demikian generasi mereka akan cenderung lebih sedikit untuk melakukan perusakan hutan.
Pada saat ini saya banyak membaca artikel tentang kurikulum konservasi, kebanyakan dari semua nya berbasis lokal atau sering disebut mulok (muatan lokal), Tujuan nya tentu untuk menciptakan pemahaman dan kesadaran masyarakan setempat yang tinggal di daerah perbatasan hutan dan kawasan,memberikan pendidikan kepada mereka tentang pemeliharaan dan pengelolaan hutan supaya lebih lestari.  Tentu semua memerlukan keterlibatan pihak pihak terkait, seperti dinas pendidikan, SLTP di kabupaten sekitar kawasan, Kementrian Kehutanan serta Dinas Kehutanan Kabupaten. Dari keterkaitan pihak tersebut diharap kan dapat menggodok kurikulum pembelajaran tentang konservasi dengan metode   yang sesuai, sehingga mudah diserap dan di terapkan oleh siswa. Harapan kedepan tentu nya bisa di terapkan metode yang terupdate tentang konservasi secara berkesinambungan. Mudah-mudahan  bila tercapai dan terlaksana dalam penerapan nya dalam jangka waktu 15 tahun kedepan tingkat kerusakan hutan bisa di minimalisir dengan kesadaran dan jiwa konservasi yang sudah tertanam sejak masa pendidikan di bangku sekolah.
Penulis : R-Quadrat
Tag : News
0 Komentar untuk "Pentingnya kurikulum konservasi di dunia pendidikan"

Untuk memajukan dunia konservasi, Silah kan isi komentar anda disini, bisa berupa saran atau kritik

Back To Top