Way kanan

Berdasarkan wilayah pemangkuan pengelolaan, Way Kanan termasuk ke dalam wilayah Resort Pengelolaan Taman Nasional/RPTN Way Kanan, Seksi Pengelolaan Taman Nasional /SPTN I Way Kanan.
Dengan jarak lebih kurang 13 km dari pintu gerbang masuk Plang Ijo, terhubung oleh jalan darat sebagian beraspal, dapat dijangkau relatif cukup mudah , dengan menempuh waktu selama 20—30 menit, dengan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4.
Sebelum tiba di Way Kanan, dalam perjalanan dari Plang Ijo menuju Way Kanan, dapat pula dinikmati suasana hutan dataran rendah disepanjang jalan, dan sesekali waktu bertemu dengan beberapa jenis satwa liar, seperti rusa, napu, kupu-kupu dalam berbagai jenis, ayam hutan dan lain-lain.
Sedangkan disekitar Way Kanan, dapat menikmati suasana hutan rimba yang masih alami, telah dibangun jalan setapak menembus rimba atau lebih dikenal dengan “jungle track” sepanjang 2.5 km. Dalam jalur tersebut, terdapat sekumpulan pohon mahoni yang merupakan peninggalan HPH, Kupu-kupu warna-warni, burung, anggrek dan lain-lain dapat ditemui pada sepanjang jalur ini. Lengkingan suara siamang juga dapat di nikmati pada jam-jam tertentu menembus keheningan rimba raya. Selain di areal yang terdapat jalan setapak, dapat pula dinikmati suasana pinggiran sungai  ,  menyusuri sungai dengan menggunakan perahu dayung ataupun speedboat untuk jarak yang tidak terlalu jauh.
Disamping untuk kepentingan wisata minat khusus, Way Kanan merupakan salah satu tujuan favorit khususnya untuk pendidikan lapangan, penelitian.
Tag : Potensi
0 Komentar untuk "Way kanan"

Untuk memajukan dunia konservasi, Silah kan isi komentar anda disini, bisa berupa saran atau kritik

Back To Top